Halo Wajah Ayu !!! Selamat datang di blog solusi sehat badan, blog khusus berbagi tips kesehatan dan perawatan kecantikan

7 Bahan Alami Untuk Memutihkan Ketiak Hitam

WajahAyu - Diantara Anda mungkin sedang memiliki permasalahan tentang bagaimana cara memutihkan ketiak yang hitam. Pemakaian obat-obatan memang banyak mengandung resiko jika tidak sesuai atau melalui petunjuk dokter, karena bahan kimia yang terkandung dalam obat mungkin akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan Anda nantinya.

Namun sebelum kita membahas cara memutihkan ketiak hitam, sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Ketiak yang hitam dapat terjadi karena faktor generik dan faktor medis. Faktor generik yang menyebabkan ketiak menjadi hitam antara lain jarang melakukan pencukuran rambut ketiak, keringat berlebihan, serta penggunaan deodorant yang tidak cocok. Sedangkan faktor medis biasanya karena hormonal dan obesitas.

Ketiak hitam yang disebabkan oleh faktor medis sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter, namun jika dikarenakan oleh faktor generik bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan ketiak hitam.

Selain dapat memutihkan ketiak hitam, bahan-bahan alami berikut juga mampu untuk mengelupaskan sel kulit yang mati. Dikutip dari boldsky.com setidaknya ada 7 bahan alami yang mampu mengatasi ketiak hitam, apa saja?

1. Baking Soda
Baking soda memiliki sifat anti bakteri yang dapat mengangkat sel kulit mati, mencerahkan warna kulit, dan membunuh bakteri penyebab bau. Campur baking soda dengan air, kemudian oleskan pada ketiak. Biarkan 1 menit, lalu gosok ketiak agar sel kulit yang mati terkelupas. Setelah itu cuci dengan air dingin dan keringkan.

2. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki kandungan Vitamin E yang berguna bagi kulit. Selain untuk merawat kulit, minyak kelapa juga dapat mencerahkan warna kulit. Gunakan minyak kelapa untuk memijat kulit ketiak Anda, biarkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas menggunakan air dan sabun mandi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini 3-4 kali dalam seminggu.

3. Kentang
Selain baik untuk dikonsumsi, kentang juga baik untuk memutihkan kulit. Parut kentang dan Oleskan pada ketiak yang hitam, biarkan selama 10-15 menti. Kemudian setelah kering bilas dengan air dingin sampai bersih.

4. Mentimun
Sama dengan khasiat kentang, mentimun juga efektif untuk memutihkan kulit. Penggunaannyapun sangat mudah, yaitu dengan menggosokan irisan mentimun pada ketiak Anda. Namun untuk hasil yang lebih optimal maka sebaiknya mentimun dicampur dengan kunyit dan air lemon, kemudian haluskan dengan blender. Oleskan ramuan tersebut dan biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

5. Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan sumber anti oksidan dan juga mampu meratakan warna kulit. Selain itu, minyak ini juga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau tak sedap. Campur kan satu sendok teh minyak zaitun dengan satu sendok makan gula merah. Basahi kulit ketiak Anda, kemudian oleskan campuran tersebut sambil digosok-gosok selama 2 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

6. Yogurt
Yogurt juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Caranya adalah ambil satu sendok makan yogurt dan taruh pada mangkok, kemudian aduk hingga terlihat lembut. Cara penggunaannya adalah gunakan kapas yang digumpalkan menyerupai bola atau juga bisa menggunakan korek kuping. Celupkan kapas pada yogurt dan oleskan pada ketiak Anda, biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

7. Minyak Bunga Matahari
Selain efektif untuk memutihkan ketiak hitam, minyak bunga matahari juga akan memberikan gizi pada kulit dari dalam. Oleskan minyak bunga matahari pada area ketiak, biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 1 minggu sekali agar hasil lebih optimal.