Halo Wajah Ayu !!! Selamat datang di blog solusi sehat badan, blog khusus berbagi tips kesehatan dan perawatan kecantikan

Manfaat Minum Air Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Wajah Ayu. Jeruk nipis, buah yang memiliki rasa asam dan agak sedikit pahit ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah yang kaya akan vitamin C serta berbagai sumber nutrisi seperti kalsium, serat pektin dan kalium ini sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan. Selain itu buah ini juga memiliki sifat antibakteri yang sangat berguna bagi tubuh.

Selain mengandung vitamin C, dalam jeruk nipis juga terdapat zat besi dan vitamin A. Beberapa manfaat kesehatan dari minum air jeruk nipis lainnya adalah dapat meremajakan sel-sel kulit, sehingga akan membuat kulit menjadi tampak segar dan wajah bersinar.

Mempercepat penurunan berat badan



Bagi anda yang ingin melakukan program diet alami, sebaiknya sering-seringlah mengkonsumsi jeruk nipis karena buah rasa asam ini akan membantu mempercepat penurunan berat badan anda. Meminum air jeruk nipis hangat pada pagi hari juga akan membantu proses pencernaan pada tubuh kita, buah jeruk ini akan membantu menghilangkan produk-produk limbah dari tubuh.

Fungsi lain yang bisa kita manfaatkan dari air jeruk nipis buat kesehatan adalah dapat mencegah masalah diare dan sembelit. Selain itu, jeruk nipis juga akan membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi baik. Air jeruk nipis juga berguna sebagai anti-septik dan memurnikan darah anda. Kandungan kalium pada air jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Sangat banyak sekali bukan manfaat kesehatan dari air jeruk nipis? untuk lebih rincinya berikut manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan dari air jeruk nipis:

- Memperbaiki pencernaan

Salah satu manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari jeruk nipis adalah dapat membantu masalah pencernaan seperti rasa mual dan sakit perut. Caranya dengan meminum air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. Jeruk nipis juga dapat untuk mencegah terjadinya sembelit.

- Sistem Kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada air jeruk nipis merupakan nutrisi penting yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh kita akan terjaga dari serangan berbagai infeksi.

- Perawatan gigi

Manfaat lain dari jeruk nipis adalah untuk kesehatan gigi. Jeruk ini dapat mengurangi rasa sakit jika anda sedang mengalami gangguan sakit gigi, selain itu juga dapat menghentikan pendarahan pada gusi. Akan tetapi janganlah terlalu berlebihan dalam penggunaannya karena air jeruk nipis juga dapat merusak enamel gigi.

- Mengobati infeksi tenggorokan

Air jeruk nipis dapat membantu mengobati infeksi pada tenggorokan, misalnya adalah sakit tenggorokan. Caranya peras setengah jeruk nipis dan campurkan dengan setengah gelas air, gunakanlah untuk berkumur sehingga sakit tenggorakan yang diderita hilang.

- Menurunkan berat badan


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa air jeruk nipis juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Alasannya karena kandungan serat pektin pada jeruk nipis akan membuat anda akan merasa kenyang. Cara pengunaannya bisa anda campurkan air jeruk nipis hangat dengan madu.

- Mengontrol tekanan darah

Berbagai manfaat kesehatan dari air jeruk nipis lainnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Misalnya, mengontrol tekanan darah tinggi, vertigo dan mual. Selain itu juga akan memberi ketenangan, merelaksasi tubuh, serta mengurangi stress dan depresi.

- Mengurangi demam

Jika anda sedang terkena flu cobalah manfaatkan air jeruk nipis untuk mengobatinya. Meminum air jeruk nipis akan meningkatkan produktifitas keringat sehingga dapat membantu menurunkan demam pada badan.

- Masalah kulit

Jeruk nipis adalah merupakan anti-septik alami yang bisa mengobati permasalahan pada kulit. Kandungan vitamin C dapat membantu menghilangkan kerutan serta bintik-bintik yang terjadi pada kulit. *baca juga artikel Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku

- Merangsang metabolisme

Perkembangan radikal bebas dalam tubuh bisa dicegah dengan air jeruk nipis, kandungan anti-oksidan yang terdapat dalam jeruk nipis dapat membantu menyeimbangkan gula darah serta merangsang metabolisme.

- Sakit sendi


Jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi dan lutut. Meminum segelas air jeruk nipis hangat setiap pagi dapat membantu mengurangi rasa sakit asam urat.

- Membersihkan hati

Air jeruk nipis juga dapat meningkatkan produksi empedu sehingga sangat bermanfaat untuk menghilangkan racun yang terdapat pada hati. Biasakanlah menambahkan air jeruk nipis pada minuman anda karena sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Itulah beberapa manfaat kesehatan meminum air jeruk nipis. Jaga kesehatan tubuh anda dengan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat. *referensi artikel boldsky, baca juga 5 manfaat air garam untuk perawatan wajah